Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PETANI ITU KAYA, TIDAK ADA PETANI YANG MISKIN (Renungkanlah)



PETANI ITU KAYA, TIDAK ADA PETANI YANG MISKIN



Asssalamualaikum Wr. Wb.
Hay guys…
Menurut anda petani itu kaya atau miskin? Bagi saya petani itu kaya mengapa demikian, meski mereka tidak kaya materi tetapi mereka kaya dengan segudang jasa dan jerih payahnya. Tanpa mereka kita bisa apa, nasi yang kita makan, sayur yang kita makan itu dari mana kalau bukan dari para petani.


“Bagi orang Zoroaster profesi tertinggi itu tani adalah pekerjaan yang paling agung karena sifatnya selalu kreatif dan produktif. Kalau PNS mogok tidak masalah, pedagang mogok tidak masalah kalau petani mogok kamu tidak makan, sektor-sektor kreatif dan produktif yang menopang kehidupan manusia. Tani bisa dikiaskan dengan ternak dan yang sejenisnya itu, yang menyediakan kebutuhan dasar manusia kita panen pada saat ini kerena usaha leluhur kita dimasa lalu, maka anak-anak kita harusnya menikmatai hasil jerih payah kita dimasa yang akan datang kalau sekarang tidak ada yang mau jadi petani maka anak cucumu besok entah dia mengerti rasanya beras atau tidak”. Tutur kata Widiyahusain.

Anda harus tahu Negara kita ini adalah Negara agraris. Jadi, sektor pertanian dan perikanan yang menjadi mata pencaharian masyarakat Indonesia bagaimana tidak para petani di sebut dengan orang kaya. Jangan berfikir kalo petani itu miskin pada dasarnya petani itu kaya hanya saja orang-orang salah mengartikannya. Jika kita pikir Negara kita ini untuk bercocok tanam sangatlah mudah hanya menabur bibit maka akan tumbuh  berbeda dengan bagian Timur Tengah sulit untuk bercocok tanam hanya beberapa tanaman yang dapat di tanam disana.

Jika Negara kita ingin maju dengan pesat berikut ini hal-hal yang dapat menjadikan negara dan para petani menjadi maju. Apa saja?
  1. Perhatian pemerintah yang tinggi terhadap pertanian
  2. Harga produk pertanian yang terkontrol
  3. Lahan pertanian yang dimiliki tiap petani luas
  4. Teknologi pertanian yang canggih
  5. Etos kerja yang tinggi
Seiring perkembangan zaman, dari zaman tradisonal hingga moderen ini pertanian di dunia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Contohnya seperti Jepang, Negara ini pertaniannya sangat pesat mereka tidak lagi menggunakan media tanah yang utama mereka dapat menggunakan air, dan udara yang di sebut dengan hidroponik dan aeroponik. Negara kita juga sudah menerapkan sistem ini tetapi hanya sebagian saja yang menerapkannya. Kita membutuhkan generasi dimasa depan yang dapat mengembangkan pertanian di Indonesia. Maka dari itu kita sebagai generasi muda jangan malu, jangan ragu, jangan gengsi untuk menjadi petani karna profesi tertinggi itu adalah petani.

Untuk yang baru masuk SMK pertanian kembangkan semangat kalian menjadi seorang petani raih cita-cita kalian agar dapat merubah pertanian menjadi lebih maju. Bagi mahasiswa perdalam ilmu pertanian kalian jika perlu sampai ke akar-akarnya jadilah jiwa petani yang adil jujur dan dapat di percaya agar orang di sekitar kalian dapat menikmati jerih payah kalian.
Sekian artikel yang dapat kami sampaikan, semoga apa yang kami sampaikan dapat memberikan motivasi kepada para pembaca.

Jangan lupa bagikan artikel ini ke media sosial dan keteman-teman kalian, agar blog ini dapat berkembang lagi kedepannya, sehingga bisa memberikan informasi bagi yang sedang membutuhkan.