Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Formulir Pendaftaran Berbasis Online dan Gratis!!!

Cara Membuat Formulir Pendaftaran Berbasis Online dan Gratis!!!


Formulir pendaftaran/registrasi memang sangat penting untuk keberlangsungan sebuah kegiatan pendaftaraan/ pendataan/ registrasi suatu lembaga, kelompok, maupun instansi tertentu. Mengingat sangat pentingnya peran formulir pendaftaran dalam suatu kegiatan registrasi maka ini akan sangat di butuhkan dalam pelaksanaanya.

Tidak heran lagi bila setiap kegiatan yang berhubungan dengan registarsi maka akan membutuhkan formulir pendaftaran, baik untuk membantu proses pendataan, pengarsipan ataupun sebagai sayarat mutlak suatu kegiatan registrasi. Contohnya untuk para guru yang ingin melakukan pendataan atau pendaftaran ekstrakurikuler maka dapat menggunakan cara yang akan kami berikan berikut, atau untuk kalian para mahasiswa yang sedang mengadakan kegiatan seperti pendaftaran organisasi dalam kampus kalian, maka kalian juga dapat menggunakan trik yang akan kami berikan berikut ini, dijamin akan lebih efisien dan efektif.

Ada kalanya dimana kita perlu mencetak formulir dan menyebarkan formulir secara luas dan banyak ke beberapa tempat maka itu akan sangat menguras tenaga dan waktu serta pastinya akan menguras biaya.

Untuk itu kali ini kami admin bloginovasiandinfo akan memberikan trik agar kalian tidak perlu mencetak banyak formulir pedaftaran dan menyebar luaskan nya secara manual, namun dengan cara online dan pastinya gratis serta gampang.
Ya ini adalah solusi masalah yang paling tepat untuk masalah formulir pendaftaran yang sering kita hadapai. dengan menggunakan sistem online ini maka keuntungan yang kita peroleh adalah sebagai berikut:


  1. Kita tidak perlu mencetak formulir dalam jumlah banyak cukup cetak seperlunya saja
  2. Data yang di kirim peserta pendaftar akan langsung tersusun rapi dalam sebuah sistem dan dapat dengan mudah di olah menjadi sebuha laporan
  3. Menghemat biaya dan tenaga
  4. Kemungkinan kesalahan data akan kecil karena data akan langsung otomatis masuk sistem
  5. Mudah di akses untuk setiap orang di manapun dan kapan pun

Oke langsung saja untuk membuat formulir pendaftaran online secara gratis ini, bahan dan alat yang harus kalian persiapkan adalah sebagai berikut :


  • Laptop/komputer (rekomendasi)
  • Koneksi internet
  • Kopi dan cemilan 

Untuk cara pembuatan formulir online kali ini kita akan memanfaatkan fitur dari google, yaitu “Google Forms”. Ini adalah layanan yang di sediaka oleh google untuk membuat sebuah formulir secara gratis. Tu baikkan google, (he…he…he…he).

Oke tanpa basa-basi lagi langsung saja ikuti langkah berikut untuk proses pembuatannya.

  • Pertama pastikan laptop kalian sudah terhubung ke internet.
  • Kedua, silahkan buka browser internet kalian terserah kalian mau mengguankan Mozila, Google crome, Opera, ataupun yang lainnya.
  • Setelah itu silahkan log-in/masuk ke akun Gmail kalian, bila belum punya akun gmail, silahkan kalian buat dulu
  • Setelah kalian log-in atau masuk ke akun gmail kalian, klik tanda titik-titik yang terdapat di bagain sudut kanan atas pada menu gmail kalian, kemudian pilih google drive.

  • Setelah masuk ke google drive, kemudian pilih lambang “+”, atau tanda tambah pada bagian sudut kiri atas, lalu pilih lainnya, dan lanjutkan dengan memilih Google Formulir

  • Maka akan tampil lembar formulir baru, desain lah formulir sesuai selera dan kebutuhan kalian




  • Setelah kalian selesai men desain formulir kalian, klik tombol kirim pada sudut kanan atas Google Fomulir.

  • Setelah itu atur seperti gambar berikut

  • Selesai klik salin, dan bagikan link yang telah di salin ke media sosial kalian agar dapat di akses oleh orang lain.
Baca Lanjutannya : Cara Melihat dan Mengunduh Data Hasil Formulir Berbasis Online Dengan Google Formulir

Sekian artikel dari kami kali ini semoga bermanfaat dan dapat membantu untuk kalian yang sedang membutuhkan.
Mohon maaf bila ada kekurangan ataupun kesalahan dalam penulisan artikel.
Kami mohon bagikan artikel ini ke media sosial dan keteman-teman kalian agar blog ini dapat berkembang lagi kedepannya.