Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Versi Licensi Windows Yang Sah dan Legal

Macam-Macam Versi Licensi Windows Yang Sah dan Legal
macam-macam versi licensi windows, Bloginovasiandinfo
Windows merupakan sebuah sistem operasi atau biasa disebut OS yang sudah hampir digunakan oleh seluruh user pada masing-masing komputer ataupun laptop miliknya di seluruh dunia.

Windows ialah sistem operasi besutan microsoft yang notabenenya termasuk dalam salah satu perusahaan terbesar yang ada pada saat ini, banyak user atau pengguna yang mempercayakan perangkat komputer ataupun laptopnya pada sistem operasi yang satu ini karena kemudahan penggunaan yang ditawarkan dan berbagai fitur menarik lainnya. Namun karena ketenarannya ini pula banyak pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab telah menggunakan sistem operasi ini secara ilegal, dalam artian menggunaka windows versi bajakan yang mungkin sudah banyak beredar luas di pasaran saat ini.

Dengan menggunakan windows versi bajakan sudah pasti akan merugikan perusahaan pembuat sistem operasi tersebut. Bukan hanya itu windows versi bajakan bisa saja mengandung berbagai macam bahaya, salah satu contohnya seperti virus dan malware yang mungkin malah bisa merugikan kita sebagai pengguna, karena tidak diketahui asal usulnya yang jelas.

Maka dari itu akan lebih baik bila kita bisa menggunakan windows secara legal atau sah, dengan membeli langsung kode activasinya. Memang harga windows saat ini bisa dibilang lumayan menguras dompet, namun jangan khwatari ternyata ada lisensi windows yang bisa dibilang bersahabat dengan dompet. Maka dari itu silahkan simak beberapa penjelasan mengenai lisensi windows berikut yang bisa menjadi alternatif untuk kalian yang ingin membeli dan menggunakan windows secara legal dan pastinya sah.

1. Windows FPP (Full Packaged Product)
Windows FPP ialah windows dengan paket lengkap yang disediakan oleh microsoft selaku pemilik resminya. Windows dengan versi ini biasanya dijual dalam bentuk terbungkus dalam kotak atau box kardus kecil seukuran tempat kaset pada umumnya, dengan membeli versi ini kalian akan mendapatkan full product seperti CD instalasi windows, lisensi dan kalian juga akan mendapatkan full support dari microsoft selaku pemilik resminya. Windows versi ini bisa kalian dapatkan dengan harga sekitar 1 sampai dengan 2 jutaan lah.

2. Windows OEM (Original Equipment Manufacture)
Windows OEM ialah salah satu versi windows hasil kerja sama perusahaan terkait dengan perusahaan aslinya, ya kira-kira bisa di bilang begitulah gambarannya, windows versi ini merupakan windows legal dan pastinya sah, hanya saja windows ini biasanya tidak berasal dari perusahaan asalnya secara langsung namun mungkin saja dibuat oleh perusahaan kerja sama yang terkait.

Kelebihan windows versi ini adalah harga yang lebih terjangkau dari windows FPP, namun kekurangannya adalah kita tidak bisa mendapatkan support atau komplen kepada perusahaan resminya, juga kita tidak mendapatkan CD instalasinya . Biasanya windows versi ini sudah tertanam langsung dalam perangkat komputer atau laptop yang baru dibeli yang mana sudah di sediakan oleh vendor dari perangkat komputer atau laptop yang dibeli.

Namun lain lagi ceritanya jika kalian pernah melakukan install ulang windows di perangkat komputer atau laptop kita, karena belum tentu tempat kita install ulang windows tersebut menyediakan windows versi original atau lisensi sahnya. Biasanya penyedia jasa instalasi os yang ada di pasaran hanya memberikan windows versi trial saja, sangat sedikit yang mau memberikan versi sahnya.

Mungkin sekian artikel sari kami semoga bermanfaat, silahkan gunakan OS dengan bijak agar kita terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

Silahkan bagikan artikel ini ke media sosial dan teman-teman kalian, agar blog ini dapat terus memberikan artikel yang bermanfaat.