Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Baru Tau Ternyata Biji Karet Dapat Diolah Menjadi Tempe

Baru Tau Ternyata Biji Karet Dapat Diolah Menjadi Tempe
Tempe merupakan makanan kebutuhan bagi kita kaum manusia khususnya warga +62, tempe mengandung banyak manfaat dan kaya akan protein, sebagaimana yang kita tau pada umumnya tempe terbuat dari bahan dasar kacang kedelai yang di fregmentasi dan diolah dengan tahapan-tahapan tertentu hingga berwujud tempe.

Namun tau kah kalian bahwa ada tempe yang terbuat dari bahan dasar biji karet, ya biji karet. Seperti yang kita tau bahwa tanaman karet merupakan tanaman yang hanya dimanfaatkan getahnya saja, namun tidak dengan yang satu ini, dimana biji karet pun dimanfaatkan menjadi tempe.

Dikutip dari chanel youtube TRANS7 OFFICIAL, tepatnya di kampung kedaton lampung timur, warga disana bisa menyulap biji karet menjadi bahan pangan berupa tempe. Namun perlu diingat bahwa untuk mengolah biji karet menjadi tempe bukan hal yang mudah dan tidak boleh dilakukan secara sembarangan, harus melalui proses yang benar-benar ketat, mengingat biji karet sendiri mengandung asam sianida yang sangat bercun bagi tubuh bila tidak diolah dengan cara yang benar, namun selepas dari itu biji karet juga memiliki beberapa kandungan protein dan karbohidrat yang juga dibutuhkan manusia.

Untuk mengubah biji karet menjadi tempe harus melalui proses yang panjang dan tidak sembarangan, contohnya biji karet yang sudah dikupas harus direbus terlebih dahulu selama 2 jam dengan air yang banyak untuk mengurangi kadar sianidanya. Tidak cukup sampai disitu saja biji karet juga harus melalui proses perendaman yang cukup panjang yaitu selama 4 hari dan selama proses perendaman air rendamana harus diganti setiap 6 jam sekali agar kandungan sianida tidak masuk kembali kedalam biji karet.

Oleh karena itu tempe biji karet tidak bisa dibuat sembarangan tanpa melalui proses yang benar.

Mungkin sekian artikel yang dapat kami tulis kali ini, silahkan share dan komen artikel ini bila kalian menyukainya.