Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Lucid Dream (Fenomena Sadar Dalam Mimpi)


Mengenal Lucid Dream (Fenomena Sadar Dalam Mimpi)
Apaitu Lucid Dream?
Lucid Dream bisa disebut sebagai fenomena sadar dalam mimpi, seseorang yang mengalami lucid dream baik secara sengaja atau pun tidak sengaja akan mengalami keadaan dimana dia sadar bahwa ia sedang berada dalam mimpi sehingga dia bisa memanipulasi mimpinya sesuai keinginannya. Dikutip dari Wikipedia, istilah Lucid Dream diciptakan pertama kali oleh seorang penulis dan psikiater dari belanda yaitu Frederik van Eeden yang ditulis dalam artikelnya A Study of Dreams (1913).

Bagaimana Lucid Dream Bisa terjadi?
Dikutip dari Wikipedia Lucid Dream terjadi pada tahap tidur Rapid Eye Movement (REM) atau bisa disebut dengan tidur dengan gerak mata cepat. Dikutip dari situs website halodoc.com pada tahap tidur Rapid Eye Movement (REM) terjadi sebuah peningkatan aktivitas otak dan beberapa organ lain seperti jantung, detak jantung dan napas akan semakin cepat, kemudian dibarengai dengan pergerakan mata yang cenderung agresif dan gelisah serta tekanan darah mengalami peningkatan.

biasanya orang yang mengalami lucid dream sadar akan hal-hal yang janggal atau ganjil berdasarkan pada apa yang dia lihat dalam penglihatannya (selama dalam mimpi) kemudian ia sadar bahwa hal-hal janggal atau ganjil itu tidak mungkin terjadi didunia nyata, dari kejadian-kejadian itulah kemungkinan seseorang tersadar bahwa ia sedang berada dalam alam mimpi. Bila seseorang telah sadar bahwa dia sedang dalam mimpi orang tersebut memiliki hak akses untuk mengatur ataupun memanipulasi mimpinya sesuai keinginannya.

Apakah Lucid Dream Termasuk Dalam Fenomena Gaib/Astral?
Lucid Dream bukan termasuk dalam fenomena Gaib/Astral lucid dream tidak ada hubungan dan kaitan dengan hal-hal itu (Gaib/Astral), lucid dream bisa dijelaskan secara ilmiah bahkan bisa diteliti. Seperti aktivitas otak, gerak mata, dan lain-lain.

Bagaimana Ciri-ciri Lucid Dream?
Biasanya lucid dream memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Sadar sedang bermimpi
  2. Lucid Dream terasa nyata, maksudnya adalah anda bisa merasakan seperti rasa sakit, sedih, takut, dan lain-lain.
  3. Bisa mengendalikan mimpi
Sekian artikel dari kami semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuna kita bersama, silahkan share artikel ini ke media sosial dan teman-teman kalian, agar blog ini dapat terus memberikan informasi yang bermanfaat.