Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Kartu Prakerja

APA ITU KARTU PRAKERJA
Di era sekarang mendapat pekerjaan menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa orang khususnya lulusan baru “fresh graduation”, skil dan kemampuan serta keterampilan menjadi nilai tambah bagi sebuah perusahaan dan lembaga-lembaga lainnya dalam menjaring para pekerja. Namun mungkin ada beberapa orang yang belum mempunyai kemampuan atau skil serta keterampilan untuk mendapatkan pekerjaan yang di impikannya. Namun jangan khawatir karena sekarang sudah ada program kartu prakerja yang telah di sediakan oleh pemerintah, untuk mempermudah dalam mencari pekerjaan, untuk lebih jelasnya silahkan simak artikek berikut.

Apa itu kartu prakerja

Dikutip dari situ resmi “prakerja.co.id” kartu prakerja bisa disebut sebagai program pemerintah guna melakukan pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditunjukkan bagi pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Artinya kartu ini bisa digunakan untuk untuk mendapatkan bantuan biaya pelatihan kerja bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki keterampilan ataupun yang ingin meningkatkan keterampilannya. Selain itu keuntungan dari memproleh kartu prakerja adalah dimana disebutkan juga dalam situs resminya bahwa jika kalian telah menyelesaikan pelatihan baik secara online maupun offline, maka kalian akan mendapat sertifikat dan insentif.

Siapa yang bisa mendapatkan kartu ini

Sebagai mana telah dijelaskan dalam situs resmi “prakerja.co.id” bahwa kartu prakerja ditujukan bagi siapa pun masyarakat Indonesai yang ingin mencari pekerjaan, serta buruh, pegawai, karyawan atau bahkan pekerja yang terkena imbas PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Namun dengan catatan bahwa yang bersangkutan telah berumur atau berusia 18 tahun keatas dan tidak sedang dalam masa sekolah atau pun kuliah.

Syarat pedaftaran
Sebelum mendaftar ada beberapa syarat dasar yang harus di perhatikan
1. Merupakan warga Negara Indonesia (WNI)
2. Minimal berusia 18 tahun
3. Sedang tidak menempuh pendidikan formal

Bagaimana cara mendaftarkan diri pada kartu prakerja

Untuk mendaftarakan diri, kalian bisa langsung membuka website resminya yaitu di “prakerja.go.id”, dimana disana sudah terdapat hal-hal apa saja yang perlu kamu lakukan dan persiapkan untuk mendaftarkan dirimu dalam program kartu prakerja.

Mungkin sekian artikel yang dapat bloginovasiandinfo berikan kali ini, bila kalian suka dengan artikel ini mohon bagikan artikel ini ke media sosial dan teman-teman kalian.