Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Daftar Pustaka Dengan Format Otomatis Di Microsoft Word, Dijamin Ampuh


Daftar pustaka merupakan suatu hal yang wajib di tulis atau dicantumkan dalam beberapa buku, jurnal, bahkan makalah. Daftar pustaka dicantumkan dalam sebuah karya tulis dengan tujuan sebagai informasi sumber refrensi penulisan suatu karya tulis. khususnya bagi seorang mahasiswa, menulis daftar pustaka bisa dikatakan sebagai sebuh keharusan atau syarat utama, bahkan dalam penulisan skripsi atau laporan pun memerlukan sebuah daftar pustaka.

Daftar pustaka sendiri memiliki beberapa aturan penulisan seperti nama penulis harus dibalik dan di pisah dengan tanda koma dan lain-lain, sehingga dapat dikatakan sebagai sebuah daftar pustaka yang baik dan benar. Beberapa aturan itulah yang terkadang kita sebagai manusia sering lupa atau tidak ingat mengenai bagaimana cara penulisan format daftar pustaka yang baik dan benar.

Untuk itu kali ini kami admin bloginovasiandinfo akan memberikan sebuah trik atau cara “Bagaimana Cara Menulis Daftar Pustaka Otomatis Dalam Microsoft Word”. Dengan menggunakna salah satu fitur dari Microsoft Word, kita dapat membuat sebuah daftar pustaka secara otomatis tanpa perlu mengingat format penulisannya, adapun caranya adalah sebagai berikut:
  • Pertama silahkan buat lembar daftar pustaka seperti biasa dengan tulisan “Daftar Pustaka” pada bagian atas halaman.
  • Setelah itu silahkan klik atau pilih menu “REFERENCES” pada menu bagian atas Microsoft Word.
  • Kemudian pilihlah menu “Insert Citation”, lalu pilih lagi menu “Add New Source”, setelah itu akan tampil sebuah menu box yang perlu kalian isi.
  • Selanjutnya, pilih “Type of Source” menjadi “Book” (dapat disesuaikan dengan kebutuhan kalian, misal dari buku, website, jurnal dan lainnya)
  • Isi kolom “Author” dengan nama penulis buku, jurnal, dan lainnya (sesuai dengan kebutuhan).
  • Isi kolom “Title” dengan judul buku, jurnal, dan lainnya (sesuai dengan kebutuhan).
  • Isi kolom “Year” dengan tahun terbit buku, jurnal, dan lainnya (sesuai dengan kebutuhan).
  • Isi kolom “City” dengan kota tempat terbit buku, jurnal, dan lainnya (sesuai dengan kebutuhan).
  • Isi kolom “Publisher” dengan nama penerbit buku, jurnal, dan lainnya (sesuai dengan kebutuhan).
  • Setelah semua kolom terisi klik “OK”.
  • Selanjutnya akan tampil sebuah tulisan seperti gambar dibawah ini, silahkan hapus saja tulisan tersebut (tulisan akan muncul sesuai dengan apa yang di inputkan sebelumnya).
  • Setelah dihapus, silahkan pilih menu “Bibliography” pada menu bagian atas, kemudian pilih lagi menu “References”, maka secara otomatis akan tampil sebuah daftar pustaka lengkap dengan format yang sudah otomatis akan muncul pada halaman daftar pustaka yang telah dibuat sebelumnya.
  • Untuk lebih jelasnya dapat melihat gambar dibahwa ini:







Sekian artikel dari kami semoga bermanfaat, silahkan share artikel ini ke media sosial dan keteman-teman kalian bila artikel ini bermanfaat.