Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

APA ITU KAYU BALSA, MANFAAT, DAN PELUANG

APA ITU KAYU BALSA, MANFAAT, DAN PELUANG

kayu balsa, bibit balsa, pohon balsa

Apa itu kayu balsa / pohon balsa ?
Kayu / pohon balsa atau dalam bahasa latin di sebut dengan Ochroma pyramidale merupakan tumbuhan yang berasal dari amerika selatan. Kayu balsa sendiri memiliki sifat ringan lentur dan mudah dibentuk namun tetap memiliki kekutan yang lumayan oke. Tanaman balsa sendiri memiliki ciri-ciri daun melebar hampir mirip dengan daun jati, selain itu tumbuhan balsa juga rata-rata memiliki bentuk batang menjulang lurus yang dapat tumbuh hingga ketinggian sekitar 35 meter, dan buah hampir mirip seperti buah kapuk, serta memiliki bijih buah kecil berwarna hitam, sedikit lebih besar dari bijih tumbuhan sawi atau bayam.

Kayu / pohon balsa sendiri dapat di penen pada umur minimal 4 tahun dengan diameter 30 cm. Di Indonesia sendiri kayu / pohon balsa sudah mulai dibudidayakan oleh petani jawa timur. Kayu balsa sendiri memiliki harga jual sekitar 1 juta sampai 3 jutaan. Dengan perawatan sederhana dan waktu panen yang dapat dikatakan cepat hanya sekitar 4 tahunan kayu / pohon balsa dapat dipertimbangkan untuk dibudidayakan sebagai ladang investasi masa depan.

Manfaat kayu / pohon balsa.
Karena memiliki sifat yang ringan, kayu / pohon balsa banyak digunakan untuk keperluan aeromodeling (olahraga yang melibatkan miniatur pesawat terbang), namun seiring berjalannya waktu tidak jarang kayu balsa di gunakan dalam keperluan lain seperti mabel, miniatur, dan sebagainya seperti gantungan kunci, ukiran-ukiran dan banyak lagi.

Sekian artikel dari kami mengenai kayu / pohon balsa, semoga bermanfaat dan dapat menjadi sumber referensi yang berguna. Mohon maaf bila ada kesalahan atau kekeliruan dalam penulisan artikel.