Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prickly Pear, Jenis Kaktus Berbuah Yang Dapat Dikonsumsi Buahnya

Prickly Pear, Jenis Kaktus Berbuah Yang Dapat Dikonsumsi Buahnya

Barsumi, Pir Berduri

Tanaman kaktus merupakan tanaman berduri yang dapat tumbuh di daerah dengan suhu panas dan kering seperti padang pasir. Namun tahukah kalian bahwa sebenarnya ada beberapa jenis tanaman kaktus yang memiliki buah dan dapat dikonsumsi.

Prickly Pear atau dalam bahasa ilmiah nya disebut Opuntia Ficus Indica merupakan salah satu jenis kaktus yang memiliki buah yang dapat di konsumsi. Tanaman kaktus jenis ini tumbuh subur di daerah padang pasir seperti mesir dan arab saudi. Buah dari jenis kaktus pickly pear sering disebut denga nama barsumi atau pir berduri, buah barsumi atau pir berduri ini memiliki bentuk buah cenderung lonjong dengan warna kulit buah kuning ke oranyean dan ada pula yang berwarna ungu dan memiliki duri-duri halus yang menyelimuti nya.

Buah barsumi atau pir berduri memiliki tekstur buah yang lembek hampir mirip seperti buah naga namun memiliki bijih buah yang keras seperti buah jambu biji. Buah barsumi disebut-sebut memiliki rasa yang manis dan menyegarkan karena memiliki kandungan air yang lumayan banyak.
Selain itu buah barsumi atau pir berduri juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tubuh, sebagaimana dikutip dari situs website buahpedia.com buah barsumi atau pir berduri memiliki manfaat antara lain membantu dalam proses antioksidan dan membantu melancarakan pembuangan toksin, ini disebabkan buah barsumi atau pir berduri kaya akan vitamin C dan vitamin E.

Mungkin sekian artikel yang dapat kami berikan, mohon maaf bila ada kesalahan atau pun kekurangan dalam penulisan artikel ini.