Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Wifi Laptop Rusak Tidak Bisa Konek dan Mendeteksi Hotspot

Cara Memperbaiki Wifi Laptop Rusak Tidak Bisa Konek dan Mendeteksi Hotspot


Halo bro-bro, selamat datang kembali di bloginovasiandinfo yang pastinya selalu memberikan infomasi, trik, toturial dan pemecahan masalah yang mungkin sedang anda cari-cari, wkwkwkw. 
Sebelumnya inilah penampakan wifi laptop saya yang bermasalah:


Kali ini kami selaku admin bloginovasiandinfo akan memberikan trik tutorial yang berhubungan dengan laptop lagi bro, ya dari judulnya saja kalian pasti sudah tau kan. Kami akan memberikan trik “Bagaimana memperbaiki Wifi Laptop yang rusak atau error dan tidak bisa tersambung ke Hotspot”.

Ya namanya juga laptop adakala nya dia lelah dan minta sesekali untuk di perhatikan oleh tuannya, ini berawal dari pengalaman pribadi saya bro, ketika saya ingin mengerjakan tugas dari sekolah saat itu, dimana mengharuskan saya untuk mencari informasi yang saya butuhkan untuk menyelesaikannya.

Permasalahan terjadi saat saya mulai menyalakan laptop, ketika laptop sudah masuk ketampilan Desktop, awalnya saya belum sadar. Namun setelah saya menyalakan Hotspot di hp saya dan ingin meyambungkan nya ke perangkat laptop saya eh ternyata ada sesuatu yang janggal pada lambang/icon Wifi/Wirelles di laptop saya dimana iconnya berubah menjadi gambar kecil menyerupai layar monitor dan terdapat tanda silang berwarna merah. Dan ternyata benar saja kecurigaan saya, perangkat laptop saya tidak dapat membaca Hotspot dari hp saya bukan karena hpnya jadul, namun ada masalah dengan perangkat wifi/wireless di laptop saya. Karena terdesak akhirnya saya pun memberanikan diri untuk mengutak-atik laptop saya, mulai saya mencoba menyalakan ulang laptop saya, sampai cabut baterai namun hasilnya nihil, namun akhirnya saya menemukan satu titik terang dari permasalahan saya dan cara tersebut akan saya bahas pada artikel ini.

Sebenarnya permasalahan seperti ini ada banyak penyebabnya namun salah satu penyebab yang mungkin terjadi adalah dimana perangkat wifi/wireless laptop anda entah sengaja atau tidak segaja ter Disable atau dimatikan, sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya, berikut langkah untuk memperbaikinya:
  • Silahkan kalian arahkan kursor kalian pada logo/icon/lambang wifi/wireless laptop kalian, kemudian klik kanan pada logo/icon/lambang tersebut.
  • Setelah itu akan muncul sebuah pop-up kecil bertuliskan “Troubleshoot problems” dan “Open Network and Sharing Center”.
  • Pilih atau klik menu “Troubleshoot Problems”, maka akan muncul sebuah jendela proses, tunggu hingga proses tersebut selesai.
  • Setelah selesai maka akan muncul jendela menu lagi, yang bertulisakna “Cheek to see if the problem is fixed” dan “Skip this step”, pilihlah menu “Cheek to see if the problem is fixed”.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai, setelah selesai maka akan tampil jendela baru bertuliskan “Troubleshooting is Complete” dan klik close.
  • Dan lihat hasilnya, bila perangkat wifi/laptop kalian belum bisa mendeteksi perangkat hotspot dari perangkat lain, coba tekan tombol “Fn dan F3” secara bersamaan tanpa tanda petik ya.
Tampilan normal saat Wifi/Wirelles mendeteksi Hotspot dari perangkat lain :


Sekian artikel dari kami semoga bermanfaat, tolong share/bagikan artikel ini ke media sosial kalian dan teman-teman kalian, sehingga blog ini dapat terus berkembang lagi dan dapat memberikan artikel yang bermanfaat.