Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Aktifkan Menu Asisten Android, Inilah Satu Lagi Fitur Di Android Yang Sangat Membantu

INILAH SATU LAGI FITUR DI ANDROID YANG SANGAT MEMBANTU. CARA AKTIFKAN MENU ASISTEN ANDROID





Hallo bro-bro, selamat datang di bolg inovasi dan info. Kali ini blog inovasi dan info akan memberikan lagi sebuah ilmu yang bermanfaat bagi kalian yang sedang membutuhkannya. Kali ini saya akan memberikan sebuah trik android yang sederhana namun mungkin jarang di ketahui oleh orang-orang.

Seperti yang kalian ketahui di zaman yang bisa di bilang bukan zaman batu lagi, He…He…He… kalian pasti tidak akan asing kalau mendengar yang namanya Handphone kan. Ya siapasih yang gak kenal sama benda yang satu ini, perkembang handphone pada masa sekarang ini sudah berkembang jauh sangat pesat, dari yang hanya bisa telephone dan sms hingga yang bisa di banting-banting (semua hp pasti bisa di banting lah, He…He…He… becanda bro). 

contoh perkembangan handphone yang dapat dengan mudah dilihat yaitu adanya sebuah sistem android yang sudah di tanamkan hampir ke semua jenis produk handphone, dengan adanya sistem android ini maka akan lebih memberikan rasa nyaman kepada para penggunanya (ya seperti rasa ku kepada mu, bencanda lgi bro. He…He…He…). berbagai fitur dan menu telah di sediakan dari fitur A-Z. Namun tahukah kalian ada lgi sebuah fitur di android yang menurut saya sangat membantu dan bisa di bilang sangat unik.

Fitur yang sangat membantu dan menarik itu adalah fitur Menu Asisten, ya bagi kalian yang belum tahu apa itu fitur Menu Asisten silahkan simak penjelasan singkat berikut. Fitur menu asisten ini  adalah sebuah fitur yang terdapat dalam sebuah android yang berupa kumpulan menu-menu atau pilihan yang dapat kita akses dengan lebih cepat atau dapat dikatakan sebuah menu yang menyediakan perintah-perintah yang dapat di akses hanya dengan mengklik satu tombol saja. 

Fitur ini dapat membantu kita dalam beberapa hal contohnya : dalam beberapa hp terkadang tidak terdapat tombol screenshoot sehingga untuk melakukan screenshoot harus menggunakan beberapa tombol kombinsai, contohnya seperti saya, hp saya Samsung Galaxy J2 Prime dan tidak memiliki pilihan screenshoot, sehingga untuk melakukan screenshoot saya harus menekan tombol kombinasi power dan home secara bersamaan, namun setelah saya mengaktifkan fitur menu asisten saya hanya perlu menekan tombol asisten maka menu screenshoot akan terlihat. Dan ada banyak hal lagi dalam menu asisten yang bisa kita gunakan seperti menu kursor, tombol volume, zoom layar, tombol daya, dan lain-lain sesuai jenis hp kalian.

Untuk mengaktifkan Menu Asisten di android silahkan ikuti langkah berikut (saya menggunakan Samsung Galaxy J2 Prime).


  • Pertama masuk ke menu Pengaturan/Setting/Peralatan/apalah itu He…He…He…
  • Setelah itu pilih menu Aksesibilitas
  • Pilih menu Kecekatan dan Interaksi
  • Setelah itu aktifkan Menu Asisten
  • Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut :



  • Selesai, silahkan kalian lihat bila ada sebuah gambar atau lingkaran/bulatan atau apalah itu pokoknya yang terlihat berbeda dan baru maka itulah Menu Asisten.


Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini bila kalian suka.
Mohon maaf bila ada kesalahan ataupun kekurangan dalam penulisan, karena saya juga manusia yang tak luput dari dosa dan jauh dari kata sempurna. He…He…He…